1.Pengertian Administrasi
Kata administrasi berasal dari bahasa Latin, yaitu Ad dan Ministrare. Ad artinya intensif dan Ministrare artinya melayani, membantu, atau memenuhi. Dalam bahasa Inggris, administrasi disebut "administration" yang berarti tata usaha. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), administrasi adalah usaha dan kegiatan yang meliputi penetapan tujuan serta penetapan cara-cara penyelenggaraan pembinaan; kegiatan kantor dan tata usaha.
Dalam arti sempit, administrasi adalah kegiatan penyusunan dan pencatatan data dan informasi secara sistematis dengan tujuan menyediakan keterangan bagi pihak yang membutuhkan serta memudahkan memperoleh kembali informasi secara keseluruhan dalam hubungan satu sama lain, atau dengan kata lain disebut tata usaha. Sedangkan dalam arti luas, administrasi adalah kegiatan kerja sama yang dlakukan oleh dua orang lebih berdasarkan pembagian kerja yang telah ditentukan dala struktur organisasi dengan mendayagunakan sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien.
2. Unsur-Unsur Administrasi
Menurut The Liang Gie dalam bukunya Administrasi Perkntoran Modern, adminisrasi merupakan suatu kebetulan proses penyelenggaraan yang mengandung delapan unsur administrasi, yaitu pengorganisasian, manajement , tata hubungan, kepegawaian, keuangan, perbekalan, tata usaha, dan perwakilan. Kedelapan unsur tersebutsaling berkaitan dan membentuk satu kesatuan yang tidak terpisahkan dalam menunjang seluruh proses kerja sama yang dilakukan oleh sekelompok orang untuk mencapai tujuan tertenu. Untuk jelasnya mari simak uraian berikut :
- Pengorganisasian : Pengorganisasian merupakan rangkaian perbuatan menyusun suatu kerangka organisasi yang menjadi wadah atau tempat bagi setiap kegiatan dalam usaha kerja.
- Manajemen : merupakan rangkaian perbuatan menggerakkan karyawan-karyawan dan mengarahkan segenap fasilitas kerja agar tujuan kerja sama yang trlah ditetapkan benar-benar tercapai.
- Tata Hubungan : merupakan rangkaian perbuatan menyampaikan warta atau berita dari satu pihak kepada pihak lain.
- Kepagawain : merupakan rangkaian perbuatan mengatur dan mengurus tenaga kerja.
- Keuangan : merupakan rangkaian perbuatan mengelola segi-segi pembelanjaan dalam usaha kerja sama.
Labels:
Pelajaran Administrasi Perkantoran SMK
Thanks for reading Apa Itu Administrasi Perkantoran. Please share...!
0 Comment for "Apa Itu Administrasi Perkantoran"